Senin, 17 Agustus 2009

Yang Benar Hanya Islam (Yang Benar Hanya Satu)

Untuk beribadah kepada Alloh swt dan mencapai keridoan-Nya, Alloh swt hanya menurunkan satu agama kepada hamba-hamba-Nya, sejak awal penciptaan manusia hingga hari kiamat kelak, yaitu agama Islam. Seluruh nabi, dari Nabi Adam as sampai Nabi Muhammad saw, hanya membawa dan mendakwahkan agama Islam. Itulah sirotul mustaqim.

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الإسْلامُ

“Sesungguhnya agama (yang diridoi) di sisi Alloh hanyalah Islam.” [QS. Ali ‘Imron (3): 19]

Pada waktu yang sama, Alloh swt menolak semua agama selain Islam, walaupun bertujuan untuk mendapatkan keridoan-Nya.

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الإسْلامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Barangsiapa menganut agama selain Islam, maka sekali-kali tidaklah akan di-terima (agama itu) darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” [QS. Ali ‘Imron (3): 85]

Alloh swt adalah satu-satunya Robb (Tuhan) yang benar, dan Islam adalah satu-satunya agama yang benar. Tetapi pada zaman kita sekarang ini, kita dapati “banyak Islam”. Berdasarkan prinsip asasi bahwa Islam yang benar hanyalah satu, maka di antara yang banyak itu, hanya satu Islam saja yang benar-benar Islam dan murni.

Tetapi sudah menjadi ketetapan Alloh bahwa umat ini akan terpecah menjadi banyak golongan dan memang sudah terpecah! Namun hanya satu yang benar, dan yang lain salah! Hanya satu yang akan selamat dari api neraka, sedangkan yang lain akan memasuki neraka terlebih dahulu! Rosululloh saw bersabda:

“Sesungguhnya umatku akan berpecah-belah menjadi 73 golongan. Satu golongan di dalam surga dan 72 golongan di dalam neraka. Ditanyakan kepada beliau: ‘Siapakah mereka (yang satu golongan) itu wahai Rosululloh?’, maka beliau menjawab: ‘al-Jama’ah.” (HR. Ibnu Majah, Ibnu Abi ‘Ashim dan Lalika’iy)

“Sesungguhnya Bani Israil telah berpecah-belah menjadi 72 kelompok keagamaan, dan umatku akan berpecah-belah menjadi 73 kelompok keagamaan. Seluruhnya berada di api neraka, kecuali satu kelompok. Mereka (para sahabat) bertanya: “Siapakah satu kelompok itu wahai Rosululloh?”, maka beliau menjawab: “Mereka yang mengikuti jejakku dan dan jejak para sahabatku.” (HR. at-Tirmidziy, al-Hakim dan al-Lalika’iy)

Itulah Islam yang murni...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar